4 Pilar Pendidikan

(1) Pilar spiritual.

Manusia dicipta oleh Tuhan, sehingga manusia baru memiliki nilai dan arti hidup yang sejati jika memiliki relasi yang  benar dengan Sang Pencipta. Oleh karena itu, Allah harus menjadi pusat dalam proses pembelajaraan sedangkan murid menjadi focus pendidikan.

 (2) Pilar moral.

Pendidikan yang berkualitas harus menanamkan nilai-nilai  kebenaran moral dengan baik. Sayangnya,  banyak sekolah hanya mendidik anak agar berhasil secara akademis dan materi.      Sehingga penanaman nilai-nilai moral kurang mendapat tempat di dalam seluruh proses belajar mengajar.

 (3) Pilar sosial.

Pendidikan yang berkualitas seharusnya melahirkan orang-orang yang dapat berelasi dengan sesamanya, menghargai sesamanya dan mengasihi sesamanya bahkan dapat bekerja sama dengan sesamanya.

 (4) Pilar kultural (kosmologi, ekologi, sains, teknologi dan seni).

Manusia dicipta dengan tugas dan tanggungjawab untuk     mengolah dan memelihara bumi. Di dalam konteks mengolah dan memelihara bumi inilah seharusnya pengetahuan, teknologi, skill, dan seni dikembangkan.